Launching Dialektika Masyarakat : Jurnal Sosiologi dan Pelepasan Purna Karya Dr. Supriyadi, S.N., S.U.

                    Kamis (15/3/18) Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Marat (UNS) melalui Laboratorium Sosiologi menyelenggarakan Launcing Dialektika Masyarakat : Jurnal Sosiologi Vol. 1 No.1 dan Pelepasan Purna Karya Dr. Supriyadi, S.N., S.U. Dialektika Masyarakat : Jurnal Sosiologi adalah peer-review jurnal yang diterbitkan secara periodik (Mei dan November) oleh Laboratorium Sosiologi Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret (UNS). Jurnal ini memfokuskan pada hasil penelitian, review teori dan metodologi dan juga review buku dalam perspektif keilmuan sosiologi.
Kebutuhan akan data dan publikasi penelitian yang terus meningkat seiring berkembangnya waktu hak ini mendorong lab sosiologi fisip uns untuk turut menerbitkan jurnal yang diharapkan dapat bergiuna bagi civitas uns khususnya dan masyarakat pada umumnya. Launcing Dialektika Masyarakat : Jurnal Sosiologi dan pelepasan purna karya dilaksanakan di ruang seminar dari jam 09.00-12.00 WIB, acara tersebut dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FISIP, Kaprodi Sosiologi, dosen sosiologi dan terbuka bagi semua mahasiswa. Dialektika Masyarakat : Jurnal Sosiologi  memuat 8 artikel yang umumnya dari kalangan dosen dari berbagai universitas yang ada di dalam dan luar negeri antara lain :

  1. Strategi Kelangsungan Usaha Tani Padi Organik di Dusun Jeglongan, Kecamatan Sayegan, Kabupaten Sleman
    Rahesli Humsona, Sri Yuliani, Siti Zunariyah
    Universitas Sebelas Maret
  1. Revitalisasi Gotong Royong: Penguat Persaudaraan Masyarakat Muslim di Pedesaan
    Muryanti
    Universitas Islam negeri Sunan Kalijaga
  1. Menjadi Dalang Perempuan Dalam Wayang Kulit Jawa: Inisiatif Pribadi dan Lingkungan Sebagai Tempat Pembelajaran
    Nor Ismah
    Universitas Leiden
  1. Respon Masyarakat Terdampak Terhadap Program Corporate Social Resonbility (CSR) PT Angkasa Pura Bandara Internasional Lombok Praya
    Syarifuddin, Oryza Penumatica I, Dwi Setiawan C, Anisa Pusparini, Ika Wijayanti, dan Solikatun
    Universitas  Mataram
  1. Family Care Unit dalam Penanganan Permasalahan Keluarga
    Fatwa Nurul Hakim
    Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Nasional
  1. Menjadi Misionaris: Sosialisasi-Komitmen Agama Elder dan Sister Moromon-Gereja Yesus Kristus
    Harry Bawono, Panggio Restu Wilujeng, Siti Ikramatoun
    Pusat Pengkajian dan pengembangan Sistem Kearsipan Arsip Nasional Republik  Indonesia(ANRI) Sosiologi Universitas Bangka Belitung
  1. Girls Punk: Gerakan Perlawanan Subkultur di Bawah Dominasi Maskulinitas Punk
    Panggio Restu Wilujeng
    Universitas  Bangka Belitung
  1. Strategi dan Program Penanggulangan Kemiskinan Bagi Pemerintah Kabupaten dan Kota
    Sudarsana Universitas  Sebelas Maret

             Pada launcing kali ini dipaparkan hasil penelitian dari perwakilan penulis jurnal dialektika masyarkat, yaitu oleh Bapak Drs. Sudarsana,  PGD in Pop&Dev  dengan penelitian yang berjudul “Strategi dan Program Penanggulangan Kemiskinan Bagi Pemerintah Kabupaten dan Kota” dan Fatwa Nurul Hakim, S.Sos dengan penelitian yang berjudul “Family Care Unit dalam Penanganan Permasalahan Keluarga”. Laboratorium Sosiologi juga memaparkan rekapitulasi anggaran penerbitan jurnal kepada peserta.
Dialektika Masyarakat : Jurnal Sosiologi juga disebarkan ke 85 institusi akademis baik universitas maupun perpustakaan di seluruh Indonesia seperti UNNES, UNAIR, UGM, ANDALAS, UNHAS, dan masaih banyak lagi. Jurnal ini juga sedang dalam proses pengembangan menjadi versi online.
Setelah serangkaiang acara launcing selesai, dilanjutkan dangan pelepasan purna karya Dr. Supriyaddi S.N, S.U. beliau merupakan dosen sosiologi FISIP UNS yang telah mengabdikan diri menjadi dosen selama 32 tahun. Beliau juga pernah menjadi Dekan FISIP UNS Pada Tahun 2009  . Pak supri (begitu beliau sering dipanggi) adalah salahsatu dosen favorit di kalangan mahasiwa. Tidak heran jika  dalam acara pelepasan kali ini banyak mahasiswa maupun alumni yang menyempatkan hadir di acara pelepasan.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.